Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Puji Malala, Wanita Termuda Peraih Nobel Perdamaian

Kompas.com - 11/10/2014, 06:38 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

Sumber AFP
WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Jumat (10/10/2014), memberikan pujian terhadap semangat dan tekad remaja peraih Nobel Perdamaian, Malala Yousafzai, yang berbagi kemenangan dengan aktivis anti-buruh anak India, Kailash Satyarthi.

"Pada usianya yang masih 17 tahun, Malala Yousafzai telah menginspirasi orang di seluruh dunia, dengan upaya untuk memastikan bahwa semua anak perempuan bisa mendapatkan pendidikan," ujar Obama.

Dalam pernyataannya, ia mengatakan, ketika Taliban berusaha membungkamnya, Malala menjawab kebrutalan mereka dengan kekuatan dan tekad. Obama juga mengatakan, ia dan istrinya, Michelle Obama, terpesona dengan keberanian Malala, saat mereka bertemu di Ruang Oval pada tahun lalu.

Obama mengatakan, ia memberikan penghormatan kepada Malala dan Satyarthi, mengingat keduanya merupakan pemenang Nobel termuda yang pernah ada. Malala Yousafzai dan Kailash Satyarthi, kata Obama, mengingatkan pentingnya tugas untuk melindungi hak dan kebebasan bagi semua kaum muda.

"Nilai atas upaya yang dilakukan Kailash bukanlah satu-satunya hadiah yang ia berikan, melainkan bagi puluhan ribu orang yang saat ini hidup dengan kebebasan dan martabat berkat usahanya," kata Obama.

Pemimpin AS tersebut memberi catatan bahwa dua pemenang tersebut berasal dari negara, agama, dan generasi yang berbeda. Hal itu memberikan contoh komitmen pantang menyerah dalam membela keadilan dan keyakinan yang teguh dalam setiap martabat gadis dan anak laki-laki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com