Kompas.com - 11/10/2014, 06:38 WIB
|
EditorHindra Liauw
WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Jumat (10/10/2014), memberikan pujian terhadap semangat dan tekad remaja peraih Nobel Perdamaian, Malala Yousafzai, yang berbagi kemenangan dengan aktivis anti-buruh anak India, Kailash Satyarthi.

"Pada usianya yang masih 17 tahun, Malala Yousafzai telah menginspirasi orang di seluruh dunia, dengan upaya untuk memastikan bahwa semua anak perempuan bisa mendapatkan pendidikan," ujar Obama.

Dalam pernyataannya, ia mengatakan, ketika Taliban berusaha membungkamnya, Malala menjawab kebrutalan mereka dengan kekuatan dan tekad. Obama juga mengatakan, ia dan istrinya, Michelle Obama, terpesona dengan keberanian Malala, saat mereka bertemu di Ruang Oval pada tahun lalu.

Obama mengatakan, ia memberikan penghormatan kepada Malala dan Satyarthi, mengingat keduanya merupakan pemenang Nobel termuda yang pernah ada. Malala Yousafzai dan Kailash Satyarthi, kata Obama, mengingatkan pentingnya tugas untuk melindungi hak dan kebebasan bagi semua kaum muda.

"Nilai atas upaya yang dilakukan Kailash bukanlah satu-satunya hadiah yang ia berikan, melainkan bagi puluhan ribu orang yang saat ini hidup dengan kebebasan dan martabat berkat usahanya," kata Obama.

Pemimpin AS tersebut memberi catatan bahwa dua pemenang tersebut berasal dari negara, agama, dan generasi yang berbeda. Hal itu memberikan contoh komitmen pantang menyerah dalam membela keadilan dan keyakinan yang teguh dalam setiap martabat gadis dan anak laki-laki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.