Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tri Rismaharini Berbagi Pengalaman Pembangunan Perkotaan di Washington

Kompas.com - 10/10/2014, 14:05 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.COM - Pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia sedang berlangsung di Washington DC, sejak hari Rabu 8 Oktober 2014 sampai hari Minggu 12 Oktober 2014.  

Di sela-sela pertemuan tahunan tersebut serangkaian seminar juga diselenggarakan untuk membahas berbagai topik termasuk tantangan menciptakan lapangan kerja dan pembangunan inklusif, serta kemajuan-kemajuan untuk mengakhiri kemiskinan, meningkatkan kemakmuran bersama dan peranan investasi publik.

Salah satu seminar IMF/Bank Dunia diselenggarakan hari Kamis (9/10), di gedung Bank Dunia di mana walikota Surabaya Tri Rismaharini berbagi pengalaman dalam pembangunan perkotaan. Risma tampil sebagai salah satu pembicara pada seminar terbuka bertema Kota dan Warga: Tokoh Pembawa Perubahan untuk Pembangunan yang Inklusif di markas Bank Dunia di Washington DC.

Seminar ini membahas  bagaimana kota menjadi tempat dimana warga berkembang, melahirkan kesempatan serta mendorong kebijakan-kebijakan demi kesejahteraan warganya.  Seminar yang  disiarkan secara langsung dan diikuti peserta  lewat internet ini juga memberi kesempatan peserta di luar gedung  untuk mengajukan pertanyaan lewat Twitter.

Pejabat-pejabat, pekerja IMF/Bank Dunia, pengamat pembangunan internasional dan negara-negara anggota lembaga internasional itu tampak menyimak  seksama pengalaman dan diskusi para pembicara.

Pembicara lain yang hadir bersama Tri Rismaharini adalah Achref Aouadi pendiri dan pimpinan I-Watch, Robin King Direktur Pembangunan Perkotaan dan Aksesibilitas dari Lembaga Sumber Daya Dunia dan Xavier de Souza Briggs, Wakil Presiden Kesempatan Ekonomi dan Aset, Yayasan Ford.

Dalam seminar tersebut Tri Rismaharani menyebut keberhasilannya mengelola kota Surabaya sebagian adalah berkat terpenuhinya kebutuhan pokok warga baik melalui pendidikan dan membantu para warga miskin, anak-anak terlantar serta membenahi infrastruktur kota.

Ia juga mengatakan keterlibatan warga berperan dalam pembangunan kota sehingga mampu membawa pertumbuhan kota Surabaya di atas tingkat pertumbuhan provinsi dan nasional dan kini di angka pertumbuhan 7,6 persen.

Menanggapi komentar peserta seminar bahwa situasi politik tidak selalu mendukung reformasi pembangunan serta keprihatinan akan UU Pilkada yang baru Tri Rismaharani mengakui sistem-sistem yang dibuatnya mungkin merugikan pihak tertentu namun masyarakat katanya harus dididik untuk mendesak pemerintah melaksanakan program-programnya.

Risma menegaskan suara rakyat baginya adalah suara Tuhan yang harus didengar dan politik  hanya pelayan  rakyat bukan pelayan politisi. Meski sempat mengatakan tidak mendukung pilkada tidak langsung dan tidak ingin mencalonkan diri kembali pada tahun 2015,  Tri Rismaharini menambahkan akan melihat perkembangan yang terjadi di masyarakat.

Risma juga berharap lewat kunjungannya ini, IMF dan Bank Dunia  bisa membantunya mengatasi masalah transportasi di kota Surabaya yang dikatakannya tidak mungkin dilaksanakan pemerintah kota sendiri. Ia juga menyatakan keiinginannya  berkunjung ke kota Seatle yang menjadi mitra kota Surabaya dan mengunjungi markas Google.

Tri Rismaharini yang mengaku  gembira dengan sumbangan lukisan Kartika Affandi untuk perbaikan Kebun Binatang Surabaya, juga akan berkunjung ke Kebun Binatang Nasional Washington DC pada hari Jumat (10/10).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com