Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2014, 11:21 WIB
EditorErvan Hardoko
HONGKONG, KOMPAS.com — Para aktivis pro-demokrasi Hongkong berencana untuk kembali menggelar aksi besar-besaran pada Jumat (10/10/2014) setelah rencana perundingan dengan pemerintah menunjukkan kegagalan.

Pada awalnya, perundingan antara aktivis pro-demokrasi dan pemerintah dukungan Beijing direncanakan pada Jumat siang. Namun pada Kamis (9/10/2014) malam, perundingan dipastikan gagal setelah pemerintah menarik diri dari pembicaraan tersebut.

Pemerintah mengatakan, pembicaraan itu dibatalkan karena para pemimpin mahasiswa mengancam akan kembali berunjuk rasa jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Kondisi ini memperkeruh krisis politik di pusat finansial Asia ini, setelah aksi massa besar-besaran melumpuhkan bekas koloni Inggris itu selama hampir dua pekan.

Seruan untuk kembali berunjuk rasa itu dikeluarkan selepas kelompok pro-demokrasi mendapatkan dukungan Amerika Serikat setelah sebuah laporan tahunan Senat AS mengecam catatan HAM Tiongkok.

"Hongkong mengalami kemunduran besar dalam pengembangan demokrasi setelah Tiongkok merusak pemilihan umum yang adil untuk memilih pemimpin eksekutif Hongkong pada 2017," kata Senator Sherrod Brown, Ketua Komisi Kongres-Eksekutif untuk Masalah Tiongkok.

Presiden Barack Obama, lanjut Brown, harus mendesak Presiden Tiongkok Xi Jinping terkait isu Hongkong saat kedua pemimpin bertemu di Beijing pada bulan depan. Pemerintah Tiongkok sendiri telah berulang kali memperingatkan komunitas internasional terkait peristiwa di Hongkong yang oleh Tiongkok dianggap sebagai masalah dalam negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.