Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Kota Yaman Diguncang Bom Bunuh Diri, 32 Tewas

Kompas.com - 09/10/2014, 16:32 WIB
SANAA, KOMPAS.com — Bom bunuh diri yang dahsyat mengguncang ibu kota Yaman, Sanaa, Kamis (9/10/2014), menewaskan setidaknya 32 orang dalam serangan yang mengincar pendukung pemberontak Syiah, yang telah menyerang kota itu.

Puluhan orang lainnya terluka setelah bom itu meledak di Lapangan Al-Tahrir, Sanaa, pada saat para pendukung pemberontak Syiah mempersiapkan diri untuk menggelar aksi unjuk rasa. Demikian stasiun televisi Al-Masirah mengabarkan.

Sebelumnya, sumber-sumber pemberontak Syiah mengatakan, korban tewas mencapai 21 orang. Fotografer AFP menyaksikan setidaknya empat korban tewas adalah anak-anak.

Sejumlah saksi mata mengatakan, seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan sebuah sabuk penuh bahan peledak di sebuah pos pemeriksaan di pintu masuk ke lokasi unjuk rasa.

Setelah aksi bom bunuh diri itu, para pendukung pemberontak Syiah atau lebih dikenal dengan nama Huthi berkumpul sambil menuntut pengunduran diri Presiden Abdurabuh Mansur Hadi.

Presiden Mansur Hadi membuat kelompok Huthi berang setelah awal pekan lalu menunjuk kepala stafnya, Ahmed Awad bin Mubarak, sebagai perdana menteri menyusul perjanjian damai yang disponsori PBB.

Bin Mubarak pada Rabu (8/10/2014) malam menolak tawaran jabatan itu karena ingin mempertahankan persatuan nasional dan mencegah perpecahan negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com