Kompas.com - 07/10/2014, 11:03 WIB
EditorEgidius Patnistik
WASHINGTON, KOMPAS.com — Wakil Presiden Amerika Joseph Biden telah menyampaikan permohonan maaf kedua dalam dua hari atas komentar-komentar yang disampaikannya, terkait bahwa negara-negara Arab sekutu Amerika telah mempersenjatai dan mendanai teroris di Suriah.

Pada Minggu (5/10/2014), Biden menelepon putra mahkota Uni Emirat Arab Pangeran Mohammed bin Zayed bahwa ia tidak bermaksud mengisyaratkan bahwa Uni Emirat Arab mendukung teroris.

Dalam pidato tentang kebijakan luar negeri Amerika yang disampaikannya di Universitas Harvard pekan lalu, Biden menggambarkan sekutu-sekutu Amerika itu sebagai “persoalan terbesar” dalam melawan teroris, dan kemudian Biden menyebut nama beberapa negara, antara lain Turki, Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Turki adalah negara pertama yang menyampaikan keberatan tentang bagian pidato berbeda yang disampaikan pada kesempatan yang sama, di mana Biden mengklaim bahwa Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan telah mengatakan kepadanya bahwa Turki telah melakukan kesalahan dengan membiarkan pejuang-pejuang asing menyeberangi perbatasan Turki menuju ke Suriah.

Biden menelepon Erdogan untuk minta maaf setelah pemimpin Turki itu membantah bahwa ia pernah menyampaikan pernyataan seperti itu kepada Biden atau bahwa Turki telah mengizinkan pejuang-pejuang asing untuk menyeberangi perbatasannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.