Kompas.com - 07/10/2014, 01:54 WIB
EditorHindra Liauw
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mahkamah Agung Amerika Serikat menolak banding larangan perkawinan sesama jenis di lima negara bagian.

Pernikahan pasangan sesama jenis di lima negara bagian itu - Indiana, Utah, Oklahoma, Virginia dan Wisconsin- selama ini tertunda akibat banding ini.

Dengan keputusan ini, perkawinan sesama jenis legal di 30 negara bagian dan juga di ibukota Washington DC.

Penolakan Mahkamah Agung ini berarti keputusan oleh pengadilan sebelumnya yang melarang perkawinan homoseksual di negara-negara bagian itu tidak berlaku lagi.

Dukungan untuk perkawinan gay di Amerika Serikat meraih momentum sejak MA mengeluarkan dua keputusan penting pada 2013.

Keputusan yang dikeluarkan Senin (06/10) itu berarti sembilan negara bagian masih belum memutuskan tentang perkawinan homoseksual.

Pasangan sesama jenis di lima negara bagian yang disebutkan dalam keputusan MA, saat ini bisa menikah karena penundaan telah dicabut.

Sementara pasangan sejenis di enam negara bagian lain - Colorado, Kansas, North Caroline, South Carolina, West Virginia dan Wyoming- dapat segera menikah.

Human Rights Campaign - organisasi hak gay di Washington- mengatakan keputusan itu merupakan "hari gembira bagi ribuan pasangan di seluruh Amerika yang akan segera merasakan dampak keputusan MA."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.