Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Izinkan Warga Gaza ke Al Aqsa

Kompas.com - 05/10/2014, 22:24 WIB
YERUSALEM, KOMPAS.COM - Ratusan warga Palestina dari Gaza mendapat izin dari Israel untuk mengunjungi salah satu tempat suci Islam, Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

Militer Israel mengatakan 500 warga Gaza mengunjungi Al Aqsa pada hari Minggu 5 Oktober untuk merayakan Hari Raya Idul Adha. Namun hanya yang berusia 60 tahun ke atas yang diizinkan ke masjid tersebut.

Kelompok pertama tiba di Al Aqsa pada pagi hari dan diperkenankan berada di sana hingga pukul tiga siang waktu setempat sebelum dibawa kembali ke perbatasan Gaza.

"Saya tidak pernah ke sini selama 35 tahun terakhir. Semua sudah berubah," tutur Dallaleh Fayyad, yang mengenakan abaya hitam dan selendang biru kepada kantor berita AFP.

Untuk pertama kalinya dalam waktu tujuh tahun belakangan, Israel memberikan izin berkunjung ke Al Aqsa.

Israel menerapkan pembatasan perjalanan yang ketat bagi warga Gaza setelah kawasan itu dikuasai oleh kelompok militan Hamas.

Izin diberikan sekitar sebulan setelah gencatan senjata antara Israel dan Hamas setelah perang selama 50 hari yang menewaskan 2.000 lebih warga Palestina dan 70 orang Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com