Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Inggris Lakukan Kunjungan Mendadak ke Afganistan

Kompas.com - 03/10/2014, 14:22 WIB
KABUL, KOMPAS.COM — Perdana Menteri Inggris David Cameron tiba di Kabul, Jumat (3/10/2014), dalam sebuah kunjungan mendadak. Dia menjadi pemimpin dunia pertama yang mengadakan pembicaraan dengan Presiden Afganistan Ashraf Ghani yang baru saja dilantik. Demikian kata sejumlah pejabat.

Ghani dilantik Senin lalu untuk memimpin Afganistan saat banyak pasukan NATO meninggalkan negara itu pada Desember mendatang setelah 13 tahun memerangi gerilyawan Islam yang meletus setelah rezim Taliban digulingkan tahun 2001. Ghani terpilih dalam pemilihan yang diwarnai kecurangan pada Juni lalu yang kemudian menenggelamkan Afganistan dalam perselisihan sengit selama beberapa bulan.

Dalam kesepakatan yang ditengahi AS, dia menandatangani sebuah perjanjian pembagian kekuasaan dengan mantan saingannya dalam pemilihan, yaitu Abdullah Abdullah, yang dilantik di posisi baru sebagai "kepala eksekutif".

Istana presiden dan Kedutaan Besar Inggris membenarkan bahwa kunjungan tersebut telah dimulai dan pembicaraan sedang berlangsung.

Inggris masih memiliki 3.900 tentara di Afganistan, sebagai bagian dari Pasukan Bantuan Keamanan Internasional NATO (ISAF). ISAF akan menyelesaikan misi tempurnya pada akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com