Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wabah Ebola, 100 orang diperiksa di Texas

Kompas.com - 03/10/2014, 03:42 WIB

KOMPAS.com - Sekitar 100 orang di Texas, Amerika Serikat, diperiksa karena diduga terpajan Ebola, kata sejumlah pejabat kesehatan.

Pihak berwenang setempat menyusun satu daftar orang-orang yang "kemungkinan berhubungan" dengan Thomas Eric Duncan, warga Liberia yang didiagnosa terkena Ebola di Dallas Selasa (30/09) lalu.

Empat anggota keluarganya diperintahkan tetap di dalam rumah sementara diamati kemungkinan tanda-tanda penularan virus itu, kata para pejabat.

Duncan, yang diduga terkena penyakit itu di Liberia, dalam keadaan sakit parah di rumah sakit. Dia adalah pasien pertama Ebola yang didiagnosa di Amerika Serikat.

Di Afrika Barat, lebih 3.338 orang meninggal karena wabah terburuk dunia ini. Secara keseluruhan, terdapat 7.178 kasus orang yang dipastikan tertular Ebola. Negara dengan penderita paling banyak adalah di Sierra Leone, Liberia dan Guinea.

Organisasi amal Save the Children memperingatkan Ebola menyebar dalam "tingkat yang mengerikan," dengan jumlah kasus baru yang tercatat meningkat dua kali lipat setiap minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com