Kompas.com - 02/10/2014, 21:36 WIB
EditorErvan Hardoko
MEXICO CITY, KOMPAS.com - Militer Meksiko menangkap salah seorang gembong narkoba paling dicari negeri itu di sebuah kota wisata kuno yang sangat populer di kalangan turis AS dan para pensiunan.

Hector Beltran Leyva alias El H ditangkap bersama seorang anak buahnya di sebuah restoran makanan laut di kota San Miguel de Allende, sebuah kota bersejarah di Meksiko tengah, tanpa perlawanan.

Tomas Zeron, direktur investigasi kantor kejaksaan agung Meksiko, mengatakan Leyva mengaku sebagai seorang pengusaha real estat dan penjual karya seni untuk menjelaskan gaya hidup mewahnya di kota kecil itu.

Beltran Leyva, yang membawa senjata saat ditangkap, setelah aparat hukum melakukan investigasi selama 11 bulan. Informasi yang dikumpulkan intelijen militer memungkinkan pemerintah menemukan kediamannya di negara bagian Queretaro.

Penangkapan ini membuat pemerintahan  Presiden Enrique Pena Nieto berhasil menangkap kembali penjahat kelas kakap lainnya setelah sukses membekuk pemimpin kartel Sinaloa Joaquin "El Chapo" Guzman dan pemimpin kartel Zetas Miguel Angel Trevino.

"Keberhasilan ini membuktikan efektifnya kebijakan keamanan dan penegakan hukum untuk menciptakan Meksiko damai yang kita idamkan," ujar Presiden Nieto lewat akun Twitter-nya.

Beltran Leyva (49), mewarisi tahta klan kartel narkoba keluarganya setelah saudaranya "bos dari semua bos" Arturo tewas dibunuh marinir Meksiko pada 2009 di kediamannya di Cuernavaca, sebuah kota wisata yang populer di kalangan penduduk Mexico City.

Kota San Miguel de Allende terletak 300 kilometer sebelah utara Mexico City adalah kota tua yang dibangun pada abad ke-16 dikenal dengan ruas-ruas jalannya yang dibangun dari susunan batu, gedung-gedung kuno yang terawat dan gereja-gereja tua yang membuat kota indah itu menarik para artis dan pensiunan AS untuk tinggal di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.