Kompas.com - 01/10/2014, 19:33 WIB
EditorErvan Hardoko
HONGKONG, KOMPAS.com - Kerumunan besar pengunjuk rasa pro-demokrasi dari segala lapisan masyarakat berkumpul di Hongkong, Rabu (1/10/2014), bertepatan dengan Hari Nasional China sebagai dukungan agar gerakan ini menyebar ke seluruh dunia.

Pemimpin Hongkong Leung Chun-ying menghadapi perlawanan rakyatnya yang mendesaknya untuk melepaskan jabatan. Chun-ying dianggap pemerintah Beijing tidak bisa menangani pengunjuk rasa setelah "Revolusi Payung" berubah menjadi perlawanan sipil terbesar di Hongkong selama beberapa dekade terakhir.

Para pengunjuk rasa memenuhi sebuah ruas jalan sepanjang 500 meter antara kawasan Wanchai dan Admiralty, pada Rabu siang tak lama setelah para politisi Hongkong dan Beijing memperingati 65 tahun berkuasanya komunis di China.

Tutupnya perkantoran akibat libur nasional dua hari membuat kerumunan massa bertambah banyak di siang dibanding tiga hari sebelumnya, di mana jumlah massa bertambah justru di malam hari.

Aksi massa ini juga memicu dukungan internasional. Sebuah grup Facebook yang menyebut diri "Bersatu untuk Demokrasi: Solidaritas Global bersama Hongkong" mengatakan tengah merencanakan sebuah gerakan dari Australia hingga Amerika Serikat.

Sementara itu, sekitar 300 orang berkumpul di ibu kota Selandia Baru, Auckland sedangkan di Taiwan ribuan orang diharapkan menghadiri aksi unjuk rasa di Rabu malam untuk mendukung warga Hongkong.

Beijing kini menghadapi salah satu tantangan terbesarnya sejak kembali memerintah Hongkong setelah kota itu dikembalikan Inggris pada 1997.

Perlawanan rakyat terbesar di Hongkong itu dipicu keputusan Beijing pada Agustus lalu yang membatasi kandidat calon pemimpin baru kota itu yang akan dipilih pada 2017 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.