Kompas.com - 29/09/2014, 20:06 WIB
EditorErvan Hardoko
KHARKIV, KOMPAS.com - Para pengunjuk rasa pro-Ukraina di kota Kharkiv, wilayah timur negeri itu, menumbangkan sebuah patung Vladimir Lenin yang dianggap sebagai warisan Uni Soviet dan perlambang kendali Rusia di negeri itu.

Patung setinggi 8,5 meter pencetus Revolusi Bolshevik itu dibangun pada 1960-an dan merupakan yang terbesar di Ukraina. Patung ini selalu menjadi bahan perdebatan kelompok pro-Eropa dan rivalnya sejak setahun lalu.

Dalam sebuah aksi yang nampaknya tidak direncanakan, peserta unjuk rasa pro-Ukraina bergerak menuju ke arah patung tersebut berdiri dan mulai mencoba merubuhkannya.

Setelah dua  jam, sekitar pukul 22.00 waktu setempat, para pengunjuk rasa akhirnya berhasil memotong kaki patung itu dengan menggunakan gergaji dan akhirnya menumbangkan patung tersebut.

Pemerintah kota berpenduduk 1,5 juta jiwa itu berjanji untuk menyingkirkan sisa patung tersebut, namun peserta unjuk rasa terlihat memotong-motong patung itu dan membawa potongan tersebut sebagai cindera mata.

Upaya penyelidikan terkait kasus perusakan benda bersejarah sempat dibuka namun ditutup hanya dalam beberapa jam. Seban, Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan, peristiwa itu tidak menimbulkan korban.

"Lenin? Biarkan dia jatuh. Selama tidak ada orang terluka. Selama idola komunis ini tidak menambah jumlah korban," kata Menteri Dalam Negeri Ukraina Arsen Avakkov lewat akun Facebook-nya.

Sebelumnya, sejumlah patung Lenin juga dirubuhkan di beberapa kota di Ukraina tengah. Warga merasa merubuhkan simbol Uni Soviet itu merupakan tanda bahwa mereka kini berpaling ke Eropa barat.

Meski demikian, patung Lenin masih banyak ditemui di wilayah timur Ukraina yang dikuasai pemberontak pro-Rusia seperti di kota Donetsk dan Luhansk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.