Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demonstran Hongkong Blokir Jalan Seberang Pelabuhan

Kompas.com - 29/09/2014, 03:29 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber AFP
HONGKONG, KOMPAS.com - Setelah polisi menembakkan gas air mata, para demonstran yang berang pun langsung bergerak dan memblokir jalan raya di seberang pelabuhan, Senin (29/9/2014). Sekitar tiga ribu demonstran memblokir jalan utama di Mongkok, sebuah distrik padat di kawasan Kowloon.

Pemblokiran ini mengakibatkan lalu lintas sekitar menjadi lumpuh dan mengganggu aktivitas keuangan di wilayah tersebut. Sekitar 12 orang polisi pun kehabisan tenaga karena demonstran berhasil mengambil alih Nathan Road sambil meneriakkan slogan-slogannya.

Demonstran juga membungkus mata mereka dengan plastik wrap untuk melindungi mata dari semprotan merica dan gas air mata yang ditembakkan polisi. Beberapa demonstran di Mongkok mengatakan bahwa daerah pelabuhan dinilai lebih aman untuk melakukan protes.

"Kami harus berjuang untuk demokrasi. Kami datang ke Mongkok karena wilayah pusat dan admiralty sudah jadi wilayah berbahaya," kata  Calvin Chan, salah satu demonstran. Wilayah tersebut dianggap berbahaya karena pasukan polisi sudah mengerahkan penggunaan gas air mata.

Demo di Hongkong ini dilakukan untuk menentang keputusan Pemerintah Beijing yang meniadakan pemilihan langsung untuk penguasa wilayah Hongkong pada 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com