Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Sebulan Dapat Gelar Doktor, Istri Presiden Zimbabwe Picu Demo Mahasiswa

Kompas.com - 27/09/2014, 06:48 WIB
Laila Rahmawati

Penulis

Sumber

HARARE, KOMPAS.com - Sebulan belajar dan mendapatkan gelar doktoral, Grace Mugabe -istri Presiden Zimbabwe Robert Mugabe- memicu demonstrasi mahasiswa. Para petinggi Universitas Zimbabwe dituntut mundur gara-gara gelar akademis Grace ini.

"Wakil Rektor Profesor Levi Nyagura dan semua yang ambil bagian dalam penipuan ini harus mundur dari jabatannya sebagai konsekuensi dari peran dalam pemberian gelar palsu ini," kata Presiden Persatuan Mahasiswa Zimbabwe (ZINASU) Gilbert Mutubuki, Jumat.

Bagi ZINASU, pemberian gelar tersebut dianggap hanya sebagai cara Grace menunjukkan kredibilitas diri untuk mendapat jabatan politis, yang memungkinkannya mencalonkan diri menjadi presiden ketika suaminya meninggal.

Gilbert menambahkan, gelar kepada Grace itu sebagai bentuk penghinaan kepada mahasiswa, kaum terpelajar, doktor, profesor, dan dosen yang terhubung dengan Universitas Zimbabwe.

Sementara itu, sejumlah perusahaan milik negara memasang iklan di surat kabar yang berisikan ucapan selamat kepada Grace atas gelar doktor tersebut.

Iklan salah satu perusahaan berbunyi, "Pencapaiannya ini akan menjadi inspirasi bagi semua orang Zimbabwe, sebagai negara yang bergerak mencapai edukasi universal."

"Siapa pun yang menerima gelar doktor palsu macam ini harusnya merasa malu, kecuali rasa kemanusiaan dan hati nurani mereka sudah tak ada lagi," ujar Gilbert.

Universitas Zimbabwe belum memberikan pernyataan apa pun terkait pemberian gelar tersebut. Mereka berjanji akan segera mengeluarkan pernyataan terkait hal itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com