Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Muncul di Muka Publik, Kim Jong Un Diduga Tengah Sakit

Kompas.com - 26/09/2014, 21:15 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan tengah mengalami "masalah kesehatan". Demikian media pemerintah Korea Utara mengabarkan setelah Kim Jong Un tidak hadir dalam sebuah acara resmi kenegaraan.

Sebuah laporan televisi pemerintah pada Kamis (25/9/2014) mengabarkan bahwa Kim Jong Un (31), tengah berada dalam "kondisi fisik yang tidak bagus" namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sebelumnya, pemimpin Korea Utara itu tidak hadir dalam sidang Dewan Rakyat Tertinggi, semacam parlemen negeri komunis itu. Dengan ketidakhadirannya dalam sidang itu berarti sudah tiga pekan Kim Jong Un tidak terlihat di hadapan publik.

Namun, absennya Kim Jong Un dalam sidang dewan, di mana dia terpilih dengan suara 100 persen dalam pemilu Maret lalu, memicu spekulasi terkait keberadaan pemimpin muda itu.

Kim Jong Un terakhir kali terlihat di hadapan publik pada 3 September lalu, saat dia menghadiri konser Moranbong Band, sebuah kelompok musik dengan seluruh anggotanya adalah perempuan yang dipilih langsung sang pemimpin.

Harian milik pemerintah Rodong Sinmun saat itu menampilkan foto Kim Jong Un nampak duduk dengan nyaman di barisan depan penonton di samping sang istri, Ri Sol Ju.

Sebelumnya, foto Kim Jong Un yang sedang mengunjungi pabrik makanan dan sebuah unit militer memperlihatkan sang pemimpian berjalan pincang. Saat itu Kim mengenakan sebuah celana panjang khusus yang diduga untuk menyembunyikan kondisi kesulitan berjalannya.

Harian terbitan Korea Selatan Joongang Daily mendukung teori seputar kaki Kim Jong Un yang sakit itu. Harian  itu juga menyatakan tak terlihatnya Kim diduga akibat cedera yang diperolehnya dalam sebuah kegiatan olahraga.

Sementara itu kantor berita Yonhap mengutip sumber yang dekat dengan keluarga pemimpin Korea Utara itu mengabarkan Kim Jong Un diyakini menderita sejumlah penyakit termasuk asam urat, obesitas, diabetes hingga tekanan darah tinggi.

Yonhap melanjutkan sejumlah sumber mengatakan menurunnya kesehatan Kim Jong Un itu disebabkan karena kegemarannya minum minuman keras dan terlalu banyak makan.

Namun, sumber lain mengatakan asam urat merupakan penyakit "keluarga" Kim Jong Un. Sang kakek Kim Il Sung, ayahnya Kim Jong Il hingga kakaknya Kim Jong Nam semua mengidap penyakit itu.

Harian Chosun Ilbo memberikan dugaan yang lebih "santai" yaitu Kim Jong Un tenga berlibur. Namun harian itu mencatat kepala politbiro urusan militer Hwang Pyong So yang selalu mendampingi Kim Jong Un juga turut menghilang.

Meski "menghilang" dari hadapan publik namun wajah Kim Jong Un terus muncul dalam siaran televisi pemerintah. Setiap hari warga Korea Utara disuguhi rekaman kegiatan dan kunjungan Kim Jong Un di berbagai wilayah Korea Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com