Kompas.com - 20/09/2014, 14:53 WIB
|
EditorHeru Margianto

MINSK, KOMPAS.com — Belarus hanya berpenduduk sekitar 10 juta jiwa. Namun, konsumsi media negara pecahan Uni Soviet ini terbilang amat tinggi.

Wakil Menteri Informasi Belarus Vladimir V Matusevich menuturkan, di negaranya, 11.000 judul buku diterbitkan setiap tahun dengan oplah sekitar 30 juta eksemplar.

"Jadi, rata-rata setiap penduduk Belarus membaca tiga buku setiap tahun," kata Matusevich saat menerima rombongan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Freddy Tulung, Jumat (19/9/2014) sore di Minsk, Belarus.

Pertemuan ini juga dihadiri Duta Besar Indonesia untuk Belarus dan Rusia HE Djauhari Oratmangun.

Matusevich juga menuturkan, di negaranya terdapat 1.600 koran dan majalah, dengan Belariusia Today sebagai media terbesar, yang punya oplah lebih dari 400.000 eksemplar tiap hari.

"Kami juga punya 250 stasiun televisi serta lebih dari 5 juta pengguna internet di Belarus," tambah Matusevich.

Dalam pertemuan ini, Freddy Tulung menawarkan adanya pertukaran konten media dan wartawan antar-kedua negara. Dengan demikian, hubungan di antara kedua negara diharapkan semakin akrab.

"Saat ini, banyak warga negara kami mendapat informasi dari Belarus bukan dari negara ini secara langsung, tetapi dari kantor berita negara (Eropa) Barat atau Amerika," kata Freddy.

Freddy menambahkan, jika disetujui, maka kerja sama ini akan dibicarakan lebih lanjut antara duta besar Belarus di Indonesia serta duta besar Indonesia di Belarus dan Rusia.

Matusevich pun menyambut gembira tawaran ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.