Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Elizabeth Mengajak Bersatu Kembali Usai Referendum Skotlandia

Kompas.com - 20/09/2014, 02:53 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

Sumber


LONDON, KOMPAS.com – Ratu Elizabeth II mendorong seluruh rakyatnya untuk kembali bersatu bersama-sama “dalam semangat saling menghormati dan mendukung” setelah referendum Skotlandia menuai hasil, Jumat (19/9/2014). Skotlandia diketahui menentang bergabung dengan Britania Raya yang sempat membuat situasi menjadi panas.

“Bersama dengan seluruh rakyat Skotlandia yang saya tahu, sama seperti rakyat Britania pada umumnya, mampu mengepresikan dirinya dengan beragam pendapat sebelum kembali bersama lagi dalam semangat saling menghormati dan mendukung,” tutur Ratu Elizabeth di komplek Istana Buckingham.

Selama 88 tahun perdebatan di Skotlandia, Ratu mengakui telah merasakan berbagai perasaan dan emosi yang berbeda. Namun itu semua, kata Ratu, telah berakhir pada keputusan referendum yang sekaligus menutup perjuangan para kelompok separatis. Ratu Elizabeth II berjanji dia dan seluruh rakyatnya akan membantu apapun yang dibutuhkan untuk kemajuan Skotlandia didasari rasa cinta terhadap Skotlandia.

“Keluarga saya dan saya akan membantu sebisa mungkin dalam tugas penting ini,” ujar Ratu.

Ratu Elizabeth II dikenal sebagai seseorang yang tidak sering mengungkapkan pandangan pribadinya kecuali saat pekan lalu, di mana Ratu menuturkan kepada rakyat Skotlandia untuk memikirkan baik-baik masa depan mereka (rakyat Skotlandia).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com