Kompas.com - 19/09/2014, 17:18 WIB
EditorErvan Hardoko

HOBART, KOMPAS.com — Sabri Samson, imam Masjid Hobart di Tasmania, Australia, Jumat (19/9/2014), menyatakan kelompok yang menamakan diri sebagai Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tidak ada hubungannya dengan Islam.

Dia bahkan menyayangkan anak-anak muda Muslim yang memilih bergabung dengan kelompok ekstremis tersebut. "Itu semua hanya politik," tuturnya kepada ABC. "Sangat menyedihkan karena ada anak-anak muda yang mempromosikan Islam dengan cara seperti itu."

Sabri mengaku sedih karena sejumlah anak muda Australia tergerak untuk bergabung dengan ISIS dan pergi ke Irak dan Suriah.

Menurut dia, tindakan anak-anak muda Muslim Australia tersebut tampaknya justru disebabkan  ketidaktahuan mereka tentang Islam.

"Mereka tahu sedikit tentang Islam. Mereka tidak tahu apa artinya jihad. Mereka tidak paham Islam itu seperti apa," kata Sabri.

"Kata jihad itu artinya berjuang sekuat tenaga dalam setiap usaha yang Anda lakukan," dia menegaskan.

"Misalnya, berusaha keras menahan godaan untuk berbuat jahat atau untuk memakan makanan yang akan membuat Anda tidak sehat," tambah Sabri.

Ia mengatakan, jihad bukanlah sesuatu yang berkaitan dengan membunuh orang. Sabri Samson menambahkan, komunitas Muslim di Hobart bukan merupakan ancaman bagi masyarakat di sana.

"Hobart sangat damai, dan dari apa yang saya ketahui, ISIS sama sekali tidak berpengaruh di kalangan anak-anak muda di sini. Namun, memang saya tidak tahu isi hati setiap orang," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.