Kompas.com - 19/09/2014, 17:11 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Kamis (18/9/2014), memuji Perancis yang memutuskan akan bergabung dengan AS untuk menggelar serangan udara terhadap Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Irak.

"Hari ini, AS melanjutkan pembentukan koalisi internasional untuk melemahkan dan menghancurkan kelompok teroris yang kita ketahui bernama ISIS," kata Obama di Gedung Putih.

"Sebagai bagian dari kampanye udara, Perancis akan bergabung dalam serangan terhadap ISIS di Irak," tambah Obama menegaskan pengumuman yang disampaikan Presiden Francois Hollande beberapa jam sebelumnya.

"Sebagai salah satu sekutu tertua dan terdekat kita, Perancis adalah rekan yang kuat dalam upaya memerangi terorisme dan kami senang bahwa Perancis dan AS sekali lagi bekerja sama memperjuangkan keamanan dan nilai-nilai bersama," lanjut Obama.

AS kini memimpin koalisi puluhan negara, terutama sekutu Barat dan Timur Tengah, untuk melawan kelompok militan ISIS yang terus mengembangkan wilayahnya.

Namun, tidak semua sekutu Washington siap untuk terlibat dalam aksi militer langsung. Beberapa negara membatasi perannya hanya dalam mengirim bantuan kemanusiaan atau persenjataan untuk pasukan Irak dan Kurdi.

Perancis kini akan mengambil bagian dalam serangan udara yang dilancarkan Obama sejak 8 Agustus lalu. Jet-jet tempur dan drone AS sudah melakukan lebih dari 176 kali serangan udara, terutama di wilayah utara Irak.

Obama juga telah memberi izin serangan udara di Suriah. ISIS juga menguasai sebagian wilayah negeri yang dirundung perang tersebut. Namun, sejauh ini serangan ke Suriah belum dilakukan dan Perancis sudah menegaskan tidak akan terlibat dalam serangan ke Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.