Kompas.com - 18/09/2014, 23:18 WIB
EditorErvan Hardoko
PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis Francois Hollande, Kamis (18/9/2014), memutuskan negeri itu siap menggelar serangan udara di Irak utara untuk menghadapi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Perancis akan bergabung dengan AS dalam menyediakan apa yang disebut Hollande sebagai "dukungan udara" untuk angkatan darat Irak dalam memerangi ISIS yang menguasai hampir separuh wilayah negeri itu.

"Saya memutuskan untuk merespon permintaan pemerintah Irak terkait dukungan udara," kata Hollande dalam sebuah jumpa pers di Paris.

Saat ini, Perancis hanya melakukan misi pengintaian udara di atas Irak yang dimulai sejak Senin lalu, berbarengan dengan gelaran konferensi internasional yang membahas masalah ISIS.

Dalam konferensi itu sekitar 30 negara dan organisasi internasional yang hadir sepakat akan mendukung Irak dengan cara apapun jika diperlukan termasuk bantuan militer .

Perancis juga memberikan bantuan senjata untuk pasukan Kurdi yang memerangi ISIS dan Hollande memuji pasukan Kurdi yang menurutnya sudah menggunakan senjata-senjata itu dengan sangat baik.

Meski akan ikut menggelar serangan udara di Irak, Hollande menegaskan Perancis tidak akan terlibat operasi militer di Suriah, di mana ISIS juga menduduki wilayah yang cukup luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.