Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Situs Diblokir, Wartawan Korut Hanya Bisa Kirim Berita Pakai Faksimile

Kompas.com - 17/09/2014, 17:40 WIB
INCHEON, KOMPAS.com — Para wartawan dari Korea Utara yang meliput Asian Games di Incheon, Korea Selatan, hanya bisa memakai mesin faksimile untuk mengirimkan berita. Akses ke situs web mereka di Korea Utara tetap tak dibuka oleh otoritas Korea Selatan. Sebaliknya, berita di koran Korea Utara tak sekali pun menyebut negara tempat Asian Games berlangsung.

Kementerian Urusan Unifikasi Korea Selatan kepada Korea Times, Selasa (16/9/2014), mengatakan bahwa para awak media dari Korea Utara tidak mendapat akses khusus untuk membuka situs webnya yang selama ini sudah diblokir Korea Selatan.

Kondisi ini berarti para wartawan Korea Utara hanya bisa memakai mesin faksimile, teknologi pengiriman teks ke Korea Utara yang tak harus membuka situs berdomain Korea Utara maupun butuh jaringan internet.

"Sudah diketahui bersama bahwa situs web Korea Utara tidak bisa diakses di Korea Selatan," kata pejabat kementerian itu seperti dikutip AFP. "Kami memberitahukan ke Korut mengenai situasi ini dan mereka menyadari hal itu," ujar pernyataan tersebut.

"Kami menyetujui penggunaan mesin faksimile oleh wartawan Korea Utara untuk pengiriman laporan ke media masing-masing. Sejauh yang saya tahu, pihak delegasi Korut belum mengajukan permintaan perubahan kebijakan ini," lanjut sang pejabat kementerian tersebut.

Reporter dari Korut, yang dengan mudah dikenali dari pakaiannya, merupakan bagian dari sejumlah besar anggota delegasi yang telah menyeberangi perbatasan ke Korea Selatan.

Pada Selasa, surat kabar resmi Korea Utara, Rodong Sinmun, menayangkan berita empat halaman tentang kemenangan tim sepak bola negara itu dengan skor 3-0 atas Tiongkok. Namun, tak sekalipun lokasi pertandingan—Korea Selatan—disebutkan dalam naskah panjang berlembar-lembar itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com