Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Nigeria Didesak untuk Menyatakan Perang Melawan Boko Haram

Kompas.com - 17/09/2014, 04:13 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis


ABUJA, KOMPAS.com - Para senator dari Nigeria dalam waktu dekat akan segera mendatangi Presiden Nigeria Goodluck Jonathan untuk mendesaknya menyatakan perang kepada Boko Haram. Ancaman dari Boko Haram terhadap Nigeria dianggap merupakan hal yang sudah sangat serius.

"Boko Haram telah menyatakan perang terhadap Nigeria, dan kita juga harus melawannya layaknya perang. Ini bukan lagi isu keamanan nasional semata," kata pimpinan para senator David Mark saat bebicara di depan senator lainnya di Abuja, Selasa (16/9/2014).

Di bulan Mei, Jonathan telah bersumpah akan berperang melawan tindak terorisme dari Boko Haram setelah mereka menculik lebih dari 200 murid perempuan di kota Chibok, negara bagian Borno. Di saat itu pula, tokoh-tokoh senior di kalangan pemerintahan tengah membicarakan hal-hal untuk mengatasi pemberontak di negaranya.

Namun di samping itu juga muncul berbagai kekhawatiran saat membandingkan kekuatan militer Nigeria yang masih kalah dengan pasukan militan pemberontak.

Boko Haram telah memperluas daerah kekuasaannya hingga ke bagian timur laut negara bagian Yobe, Borno, dan Adamawa dalam beberapa pekan terakhir. Hal tersebut ditakutkan akan menjadi ancaman besar pemerintahan Nigeria akan kedaulatan negaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com