Kompas.com - 16/09/2014, 20:48 WIB
|
EditorErvan Hardoko
SINGAPURA, KOMPAS.com - Pendiri dan bapak bangsa Singapura Lee Kuan Yew merayakan ulang tahun ke-91 hari ini, Selasa (16/9/2014). Rakyat Singapura antusias berduyun-duyun menyampaikan ucapan selamat yang didominasi harapan agar Lee tetap dalam kondisi yang sehat.

Rakyat Singapura juga mengucapkan rasa terima kasih mereka kepada Lee yang sukses membangun Negeri Merlion menjadi kekuatan ekonomi dunia.

Ucapan selamat ulang tahun disampaikan secara khusus ke situs happybirthdaylky.org dengan hashtag #happybirthdaylky. Lee sendiri menghaturkan rasa terima kasih sembari menambahkan dia tidak dapat membalas semua ucapan yang dia terima dari rakyat negeri kota tersebut.

Lee Kuan Yew memimpin Singapura sebagai perdana menteri selama 31 tahun sejak negeri itu memisahkan diri dari Malaysia pda 1965 hingga lengser pada 1990. Di bawah kepemimpinannya Singapura menjelma menjadi salah satu negara terkaya di dunia.

Meski banyak dipuji, sosok Lee juga tidak terlepas dari kontroversi, banyak yang mengkritik gaya kepemimpinannya yang otoriter. Sahabat dekat mantan presiden Indonesia Suharto ini mempertahankan pengaruh di balik layar dengan menjabat sebagai menteri senior dan menteri mentor hingga mundur dari kabinet seusai pemilu 2011.

Saat ini Lee tercatat sebagai salah satu anggota parlemen terlama di dunia, mewakili konstituensi Tanjong Pagar sejak 1955.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.