Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Universitas Australia Naik Peringkat di Dunia

Kompas.com - 16/09/2014, 12:33 WIB
CANBERRA, KOMPAS.com — Menurut penilaian QS Top Universities Rankings, beberapa universitas terbaik Australia mengalami kenaikan peringkat, meskipun hanya sedikit.

QS Top Universities Rankings mengukur tiap universitas berdasarkan empat kriteria besar, yaitu riset, pengajaran, kemungkinan mendapat pekerjaan, kerja sama internasional, dan keberagaman di kampus.

Yang menduduki peringkat tertinggi dari Australia adalah Australian National University (ANU). Kali ini, ANU menduduki peringkat ke-25, naik dua peringkat dari tahun lalu.

Selanjutnya ada University of Melbourne pada peringkat ke-33 dan University of Sydney pada peringkat ke-37.

Tahun lalu, tujuh universitas dari Australia masuk dalam 100 besar, dan tahun ini delapan universitas.

Peringkat pertama di dunia diberikan kepada Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat, sedangkan urutan kedua dan ketiga diduduki University of Cambridge dan Imperial College of London, keduanya di Inggris.

Harvard University menduduki peringkat keempat, dan University of Oxford menduduki peringkat kelima.

Profesor Margaret Harding, Wakil Kanselir ANU, menyambut baik kenaikan peringkat ini. Ia berharap, kenaikan tersebut akan menarik mahasiswa dari luar negeri untuk belajar di ANU.

"Saat mahasiswa mengambil keputusan tentang pemilihan universitas, mereka mempertimbangkan hal-hal, seperti peringkat," katanya.

Tahun ini, peringkat ANU memang naik. Namun, selama enam tahun terakhir, universitas tersebut sebenarnya banyak menunjukkan penurunan. Tahun 2008, ANU menduduki peringkat ke-16 di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com