Kompas.com - 12/09/2014, 20:48 WIB
EditorErvan Hardoko
SRINAGAR, KOMPAS.com - Seorang pejabat senior India, Jumat (12/9/2014), mengatakan sejumlah kota utama di Kashmir kini benar-benar dalam kondisi tenggelam akibat banjir bandang yang juga berdampak terhadap sekitar dua juta orang di negeri tetangga, Pakistan.

Banjir bandang ini berawal di Kashmir setelah hujan deras mengguyur wilayah itu dan kini banjir turun ke dataran yang lebih rendah di Pakistan, menenggelamkan ribuan desa dan merendam kawasan lumbung pangan Pakistan.

Lebih dari 450 orang tewas dan Otorita Penanganan Bencana Pakistan (NDMA) mengatakan dua juta orang terdampak banjir bandang ini.

Semenrara itu, 140.000 orang dievakuasi dari berbagai kota dan desa di sekitar Punjab, wilayah terpadat sekaligus terkaya di Pakistan.

Pemerintah berencana akan menjebol sejumlah tanggul strategis agar air banjir tidak menerjang kota Multan yang berpenduduk dua juta orang yang sekaligus menjadi pusat industri kapas dan tekstil Pakistan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.