Kompas.com - 11/09/2014, 20:07 WIB
EditorErvan Hardoko
NEW YORK, KOMPAS.com - Para politisi, tokoh masyarakat dan keluarga korban berkumpul di New York, Washington dan Pennsylvania, Kamis (11/9/2014), untuk mengenang lebih dari 3.000 orang yang tewas dalam serangan teroris ke AS 13 tahun lalu.

Dalam sebuah prosesi yang menjadi ritual tahunan, nama-nama korban akan dibacakan dalam sebuah upacara di Manhattan, diwarnai dengan mengheningkan cipta untuk menandai keempat pesawat yang dibajak menabrak menara kembar WTC dan jatuh di dua tempat lainnya.

Presiden Barack Obama dijadwalkan akan memberikan pidato dalam sebuah upacara khusus untuk para keluarga korban serangan teroris di Pentagon.

Sementara itu, di New York, peringatan tahun ini merupakan yang pertama sejak museum Peringatan Tragedi 11 September yang lokasinya berdampingan dengan "gudang" penyimpanan sisa jasad korban tak dikenal.

Larry dan Rachel Meltzer adalah kerabat salah seorang korban dalam tragedi itu. Adik Larry, Stuart, adalah seorang pialang di salah satu menara WTC yang hancur itu. Pasangan ini sudah tiba satu jam sebelum upacara dimulai sambil membawa foto mendiang Larry.

"Sulit dipercaya sudah 13 tahun berlalu. Saya tak akan pernah lupa dan rasa sakitnya tak akan pernah berkurang," ujar Larry.

Meski sempat terkendala, dua pencakar langit baru yang dibangun di sekitar lokasi ambruknya menara kembar WTC kini sudah dibuka. Sementara itu, 1 World Trade Center, yang akan menjadi gedung tertinggi di belahan bumi sebelah barat, akan dibuka tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.