Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Penjara Direnovasi, Norwegia "Ekspor" Napi ke Belanda

Kompas.com - 09/09/2014, 23:02 WIB
OSLO, KOMPAS.com - Pemerintah Norwegia sedang melakukan pembicaraan dengan Belanda untuk menyewa sejumlah penjara dan "mengekspor" beberapa narapidana ke Belanda sementara sejumlah penjara di negeri itu direnovasi.

Juru bicara Kementerian Kehakiman Norwegia Vidar Brein-Karlsen mengatakan sejumlah isu harus diselesaikan sebelum Norwegia bisa menyewa sel-sel penjara Belanda termasuk apakah para sipir Belanda juga akan menjaga para narapidana Norwegia itu.

Isu lain yang harus diselesaikan adalah frekuensi narapidana itu menerima kunjungan kunjungan keluarga dan kerabat yang tinggal di Norwegia.

"Awalnya, ini masalah kecil buat kami. Norwegia memiliki wilayah yang cukup luas dan terkadang narapidana asal wilayah selatan Norwegia dipenjara di wilayah utara," kata Brein-Karlsen.

"Jarak Oslo ke Belanda jauh lebih dekat. Dan Belanda sudah lama menyewakan penjaranya ke Belgia," tambah dia.

Di Norwegia saat ini terdapat 1.300 orang menunggu untuk menjalani masa hukuman penjara. Brein-Karlsen menambahkan pihaknya juga belum memutuskan narapidana untuk kejahatan seperti apa yang akan dititipkan di Belanda.

Namun satu hal yang pasti para narapidana berbahaya seperti Anders Behring Breivik yang membunuh 77 orang pada 2011 tidak termasuk mereka yang akan "diekspor" ke Belanda.

Langkah ini adalah bagian dari proyek renovasi besar-besaran sejumlah lembaha pemasyarakatan Norwegia yang menghabiskan biaya 698 juta dolar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com