Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Rusia "Ganggu" Fregat Kanada di Laut Hitam

Kompas.com - 09/09/2014, 19:10 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah fregat AL Kanada yang ambil bagian dalam sebuah latihan di Laut Hitam, "diganggu" tiga pesawat jet AU Rusia di pesisir selatan Ukraina dalam sebuah insiden "provokatif yang tidak perlu". Demikian Menteri Pertahanan Kanada Rob Nicholson, Senin (8/9/2014).

Meski insiden itu tidak menimbulkan ancaman atau bahaya, Nicholson mengatakan, tindakan jet-jet Rusia itu berisiko meningkatkan ketegangan di kawasan tersebut di saat gencatan senjata yang rapuh antara pemerintah Ukraina dan separatis pro-Rusia baru saja disepakati.

Pesawat-pesawat yang "mengganggu" fregat Kanada itu adalah dua jet tempur Su-24 dan sebuah pesawat pengintai.

Nicholson menambahkan, Kanada dan para sekutunya tengah mengambil langkah tanggapan sebagai respon langsung dari agresi dan invasi militer Rusia ke Ukraina.

Tudingan Kanada ini langsung dibantah pemerintah Rusia. Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov kepada sejumlah media Rusia mengatakan bahwa jet-jet negeri itu memang terbang di wilayah tersebut namun tetap sesuai dengan aturan internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com