Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras dan Banjir Tewaskan 200 Orang di Perbatasan India-Pakistan

Kompas.com - 06/09/2014, 18:49 WIB

SRINAGAR, KOMPAS.com - Lebih dari 200 orang di perbatasan Pakistan dan India dilaporkan tewas akibat banjir bandang yang disebabkan oleh hujan deras. Tentara dan petugas tanggap darurat dikerahkan untuk membantu menyelamatkan penduduk yang berada di wilayah bencana, Sabtu (6/9/2014).

Hujan deras yang terjadi terus menerus, setidaknya telah menewaskan 106 warga Pakistan dalam tiga hari terakhir ini. Tak hanya itu, bangunan dan rumah penduduk juga rusak akibat terjangan banjir. Pemerintah Pakistan telah menetapkan empat distrik sebagai wilayah yang paling parah terkena banjir.

Sementara di India utara dilaporkan, hujan deras dan banjir menyebabkan 100 orang meninggal membuat ribuan orang mengungsi.

Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif menggelar rapat pada hari ini dan memerintahkan agar penyelamatan penduduk dipercepat. Wilayah terparah yang terkena banjir adalah Provinsi Punjab, di mana korban tewas mencapai 55 orang dan 235 orang dilaporkan terluka. Sementara itu, 48 orang juga dilaporkan tewas di wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Tiga tentara juga diberitakan tewas karena terkena tanah longsor pada Kamis pekan ini di wilayah yang berbatasan dengan India.

Pakistan saat ini menghadapi banjir monsoon yang paling parah dalam empat tahun terakhir. Pada tahun lalu, korban yang tewas akibat bencana ini mencapai 178 orang dan sekitar 1,5 juta orang lainnya terkena dampak banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com