Kompas.com - 31/08/2014, 07:02 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIJING, KOMPAS.com - Seekor panda raksasa diduga berpura-pura sedang hamil demi mendapatkan tambahan makanan. Panda betina bernama Ai Hin menunjukkan tanda-tanda seekor panda yang sedang hamil, termasuk sedikit bergerak dan nafsu makan berkurang.

Para staf Pusat Riset Pengembangan Panda di Chengdu, China mengatakan sangat gembira melihat salah satu panda di tempat itu menunjukkan tanda-tanda kehamilan.

Mereka bahkan sudah mempersiapkan video untuk mereka masa-masa kehamilan Ai Hin hingga nanti melahirkan. Namun, para staf akhirnya mengetahui mereka telah ditipu Ai Hin, karena panda itu ternyata tidak hamil.

Nampaknya Ai Hin mempelajari bahwa kabar kehamilannya akan membuat dia mendapatkan tambahan makanan. Seorang pakar panda Wu Kongju kepada kantor berita Xinhua mengatakan para panda biasanya pindah ke dalam ruangan tunggal dengan pengatur suhu saat hamil.

"Mereka juga mendapatkan tambahan makanan, buah-buahan dan bambu. Jadi beberapa panda pintar menggunakan hal ini untuk kepentingan mereka," ujar Kongju.

Dengan hanya 24 persen panda betina di penangkaran bisa melahirkan, menjadikan masa depan hewan langka ini terancam. Apalagi panda memang dikenal dengan angka reproduksi yang rendah. Di China kini terdapat sekitar 1.600 ekor panda di alam liar dan 300 ekor lainnya hidup di penangkaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.