Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Makanan Tambahan, Seekor Panda Berpura-pura Hamil

Kompas.com - 31/08/2014, 07:02 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Seekor panda raksasa diduga berpura-pura sedang hamil demi mendapatkan tambahan makanan. Panda betina bernama Ai Hin menunjukkan tanda-tanda seekor panda yang sedang hamil, termasuk sedikit bergerak dan nafsu makan berkurang.

Para staf Pusat Riset Pengembangan Panda di Chengdu, China mengatakan sangat gembira melihat salah satu panda di tempat itu menunjukkan tanda-tanda kehamilan.

Mereka bahkan sudah mempersiapkan video untuk mereka masa-masa kehamilan Ai Hin hingga nanti melahirkan. Namun, para staf akhirnya mengetahui mereka telah ditipu Ai Hin, karena panda itu ternyata tidak hamil.

Nampaknya Ai Hin mempelajari bahwa kabar kehamilannya akan membuat dia mendapatkan tambahan makanan. Seorang pakar panda Wu Kongju kepada kantor berita Xinhua mengatakan para panda biasanya pindah ke dalam ruangan tunggal dengan pengatur suhu saat hamil.

"Mereka juga mendapatkan tambahan makanan, buah-buahan dan bambu. Jadi beberapa panda pintar menggunakan hal ini untuk kepentingan mereka," ujar Kongju.

Dengan hanya 24 persen panda betina di penangkaran bisa melahirkan, menjadikan masa depan hewan langka ini terancam. Apalagi panda memang dikenal dengan angka reproduksi yang rendah. Di China kini terdapat sekitar 1.600 ekor panda di alam liar dan 300 ekor lainnya hidup di penangkaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com