Kompas.com - 28/08/2014, 09:18 WIB
EditorEgidius Patnistik
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Pasukan Penjaga Pantai AS (US Coast Guard) menembaki kapal ikan tradisional Iran di Teluk Persia setelah kapal Iran tersebut mengarahkan sebuah senapan mesin kepada pasukan Amerika, kata Angkatan Laut AS, Selasa (26/8/2014).

Insiden tersebut terjadi pada Selasa pagi ketika sebuah tim dari kapal patroli Coast Guard, Monomoy, dikirim dalam sebuah kapal kecil "untuk menanyai kapal ikan Iran tersebut" di perairan internasional, kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

"Awak kapal ikan itu terlatih dan siap menembakkan senapan mesin kaliber .50 ke kapal kecil AS ketika kapal itu mendekat sebagai bagian dari operasi keamanan maritim rutin," kata pernyataan Angkatan Laut. "Tindakan awak kapal ikan itu menunjukkan niat bermusuhan," sehingga mendorong kru Coast Guard untuk berpaling dan kemudian melakukan serangkaian tembakan "demi membela diri," kata Angkatan Laut.

Juru Bicara Pentagon, Laksamana Muda John Kirby, mengatakan tidak ada indikasi apakah kapal ikan itu terkena tembakan.

Pernyataan Angkatan Laut AS mengatakan, awak kapal ikan tidak merespon ketika tembakan terjadi dan meninggalkan tempat kejadian tanpa berkomunikasi dengan Monomoy.

Sebelumnya, Monomoy telah melakukan komunikasi dengan kapal ikan itu dan menegaskan bahwa itu adalah kapal berbendera Iran, kata Angkatan Laut

Tidak ada personel kapal AS yang terluka dan awak kapal kecil itu kembali dengan selamat ke Monomoy, kata pernyataan Angkatan Laut.

Coast Guard berada di Teluk untuk beroperasi bersama Armada Kelima Angkatan Laut AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.