Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Rp 3,4 Triliun untuk Pulihkan Gaza

Kompas.com - 27/08/2014, 21:53 WIB
GAZA CITY, KOMPAS.com — Saat pembicaraan untuk memantapkan gencatan senjata jangka panjang antara Israel dan Hamas masih berlanjut di Kairo, Mesir, rakyat Gaza memunguti puing-puing sisa konflik selama 50 hari yang menewaskan 2.200 orang itu.

Warga Gaza mulai meninggalkan kamp-kamp pengungsi dan tempat-tempat perlindungan PBB di tengah harapan gencatan senjata ini benar-benar bertahan. Namun, di sisi lain, banyak orang yang tak lagi memiliki rumah sebagai tujuan.

Lebih dari 20.000 rumah diperkirakan hancur dan tak bisa dihuni lagi akibat serangan udara Israel yang mengklaim bangunan yang dihancurkan itu digunakan Hamas untuk tujuan militer mereka.

Berdasarkan catatan PBB, lebih dari 300.000 warga Gaza berlindung di sekolah-sekolah yang digunakan PBB dan lebih dari 500.000 orang "tercerabut dari akarnya" akibat konflik ini.

Pierre Krahenbuhl, Komisioner Jenderal UNRWA, meminta komunitas internasional mengucurkan dana sebesar 295 juta dollar atau sekitar Rp 3,4 triliun untuk operasi pemulihan pasca-perang.

Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan, 2.139 orang, sebagian besar warga sipil dan termasuk 490 anak-anak, tewas dalam konflik yang diawali dengan operasi militer Protective Edge yang digelar Israel sejak 8 Juli lalu.

Sementara itu, di sisi Israel, "hanya" 64 orang prajurit dan enam warga sipil termasuk seorang anak laki-laki berusia empat tahun yang tewas setelah sebuah roket Hamas menghantam sebuah rumah di kota Eshkol.

Angkatan Darat Israel (IDF) mengklaim 3.700 roket ditembakkan dari Gaza menuju wilayah Israel hingga 20 Agustus lalu. IDF juga mengklaim telah menghancurkan 32 terowongan Hamas dan membunuh 750 orang tersangka anggota militan dan para komandan mereka.

Berikut Perang Gaza 2014 dalam angka:

  • Warga Palestina tewas: 2.139 orang.
  • Anak-anak Palestina tewas: 490 orang.
  • Prajurit Israel tewas: 64 orang.
  • Warga sipil Israel tewas: 6 orang.
  • Anak-anak Israel tewas: 1 orang.
  • Warga Palestina terluka: 11.000 orang.
  • Anak-anak Palestina terluka: 3.000 orang.
  • Warga Gaza yang mengungsi: 500.000 orang.
  • Rumah hancur di Gaza: 20.000 unit.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com