Kompas.com - 27/08/2014, 20:45 WIB
EditorErvan Hardoko

ABUJA, KOMPAS.com - Pemerintah Nigeria, Rabu (27/8/2014), memerintahkan semua sekolah di negeri itu untuk menghentikan proses belajar mengajar hingga 13 Oktober mendatang sebagai bagian dari upaya mencegah penyebaran ebola.

Seharusnya, tahun ajaran baru di Nigeria sudah dimulai sejak Senin (25/8/2014). Namun, Kementerian Pendidikan Nigeria memutuskan "meliburkan" semua sekolah agar semua staf pengajar bisa mendapatkan pelatihan untuk penanganan kasus ebola.

Sejak awal tahun ini, wabah ebola merebak di beberapa negara Afrika barat seperti Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Di ketiga negara itu, jumlah korban tewas akibat penyakit mengerikan ini sudah melampaui angka 1.400 orang.

Wabah ebola tahun ini dianggap sebagai yang terburuk sejak 1976, dengan 2.615 orang positif tertular virus ebola. Sekitar separuh dari mereka yang tertular kemudian meninggal dunia.

Ebola menyebar ke Nigeria, negara terpadat di Afrika, pada Juli lalu setelah seorang pria yang tertular ebola terbang dari Liberia ke kota Lagos, Nigeria. Pria itu kemudian meninggal dunia di sebuah rumah sakit setelah dirawat selama lima hari. Sejak kasus perdana itu, tercatat sudah lima orang meninggal dunia di Nigeria akibat virus ebola.

Virus itu menyebar antara manusia melalui kontak langsung cairan tubuh. Sejauh ini, belum ada obat untuk Ebola namun dengan perawatan secara intensif dan cairan cukup, pasien memiliki peluang untuk sembuh.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.