Kompas.com - 27/08/2014, 19:13 WIB
EditorErvan Hardoko
BRUSSELS, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen, Rabu (27/8/2014), mengatakan NATO sedang mempersiapkan pasukan respon cepat terkait krisis Ukraina. Pasukan itu bisa dengan cepat dikerahkan untuk memperkuat Eropa timur.

Seperti dikutip harian The Guardian, Rasmussen mengatakan NATO akan menyelesaikan berbagai perbedaan antarnegara anggota di KTT NATO di Cardiff, Wales pekan depan.

Dalam pertemuan itu diharapkan negara-negara anggota NATO mau menjalankan langkah-langkah baru yang memungkinan NATO mengirim pasukannya dengan cepat.

"Kami akan mengadopsi apa yang kami sebut sebagai rencana aksi kesiapan dengan tujuan bisa bertindak cepat dalam lingkungan keamanan baru di Eropa saat ini," ujar Rasmussen.

"Kami sudah memiliki pasukan gerak cepat NATO, yang bisa dikerahkan dengan segera jika diperlukan. Kini kami akan mengembangkan pasukan yang tingkat kesiapannya sangat tinggi," tambah Rasmussen.

Langkah ini, lanjut dia, tidak termasuk menciptakan basis permanen di kawasan yang dituju, misalnya anggota NATO di Eropa timur seperti Polandia dan negara-negara Baltik. "Pasukan itu akan ditempatkan di sepanjang mereka dibutuhkan di wilayah itu," tambah Rasmussen.

Sejumlah negara NATO menilai kehadiran permanen sebuah pasukan sekutu akan melanggar kesepakatan pasca-Perang Dingin dengan Rusia dan bisa memicu reaksi kuat dari Moskwa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.