Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat Keamanan Saudi Tangkap Tim Perekrut ISIS

Kompas.com - 27/08/2014, 16:11 WIB
RIYADH, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Selasa (26/8/2014), mengatakan, aparat keamanan negeri itu menangkap delapan orang yang merekrut para pemuda untuk menjadi anggota "kelompok ekstremis luar negeri".

Kepada stasiun televisi Al Arabiya, Kemendagri Arab Saudi mengatakan para pemuda itu direkrut untuk menjadi anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Aparat keamanan menggelar sebuah operasi yang berhasil menangkap delapan orang warga Saudi yang terlibat dalam perekrutan para pemuda untuk bergabung dengan kelompok ekstremis," demikian pernyataan Kemendagri Arab Saudi yang dilansir kantor berita Saudi Press Agency (SPA).

Selama ini Arab Saudi selalu bertindak tegas terhadap kelompok-kelompok militan yang ketahuan beroperasi di wilayah kerajaan itu. Aparat Saudi juga telah menangkap banyak sel ektremis yang memiliki jaringan dengan kelompok serupa di berbagai negara Arab.

Pada Mei, pemerintah Arab Saudi mengklaim telah berhasil menghancurkan sebuah organisasi teroris besar yang terkait dengan elemen-elemen ekstremis di Suriah dan Yaman yang berencana menyerang fasilitas milik pemerintah dan kepentingan asing.

Sebelumnya pada Maret, Kementerian Dalam Negeri merilis daftar kelompok teroris termasuk di dalamnya Ikhwanul Muslimin. Front al-Nusra dan ISIS. Dalam daftar itu juga termasuk sebuah kelompok militan yang kurang dikenal yaitua Hezbollah Saudi dan pemberontak Syaih Houthi yang beroperasi di negeri tetangga, Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com