Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur California Umumkan Kondisi Darurat Pascagempa 6 Skala Richter

Kompas.com - 25/08/2014, 09:46 WIB


KOMPAS.com — Gubernur California Jerry Brown mengumumkan status darurat di sebagian negara bagian itu setelah gempa bumi terdahsyat yang mengguncang kawasan Teluk San Fransisco dalam 25 tahun ini.

Sebagian besar kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,0 skala Richter pada Minggu (24/8/2014) dini hari itu terjadi di sekitar kota Napa, yang menjadi pusat kekuatan gempa. Napa merupakan kawasan terkenal penghasil minuman anggur di California bagian utara.

Kepala Operasi Pemadam Kebakaran Napa John Callanan mengatakan, kota tersebut kehabisan sumber daya untuk memadamkan enam kebakaran, membawa warga yang luka-luka ke rumah sakit, mencari mereka yang mungkin masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan, dan menjawab panggilan telepon darurat.

Kekacauan terjadi setelah gempa menyebabkan kebocoran gas, pecahnya pipa air, dan putusnya sambungan listrik.

Callanan menambahkan, sedikitnya tiga orang dilaporkan berada dalam kondisi kritis, termasuk seorang anak kecil yang tertimpa sebagian perapian dan kini sedang diterbangkan ke sebuah rumah sakit khusus untuk menjalani pemeriksaan saraf.

Tim inspeksi juga sedang melakukan evaluasi terhadap gedung-gedung, jembatan, dan jalanan yang rusak.

Rumah Sakit Queen of the Valley di Napa mengatakan, 80 persen orang yang dirawat menderita luka ringan.

Pusat gempa diperkirakan berada sekitar 80 kilometer di barat daya Sacramento dan rentetan gempa susulan terjadi di kota Napa. Diperkirakan 30 hingga 70 gempa susulan masih akan terjadi pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com