Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa California, 3 Warga Terluka

Kompas.com - 25/08/2014, 02:55 WIB
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 6,0 skala Richter di California, Minggu (24/8/2014) dini hari, menyebabkan tiga orang terluka, termasuk seorang anak. Gempa ini juga memicu kebakaran di wilayah Napa Valley.

The US Geological Service mengatakan, gempa bumi ini merupakan yang terparah di area San Francisco sejak 1989. Hingga saat ini, belum ada laporan adanya korban tewas.

Terkait kondisi ini, Gubernur California Edmund Brown menyatakan, daerahnya dalam keadaan darurat. "Kondisi gempa bumi, baik berdasarkan magnitudnya, dapat berada di luar kendali, baik yang terkait layanan, personel, perlengkapan, maupun fasilitas," katanya.

Gempa terjadi pukul 03.20 waktu lokal atau pukul 17.20 WIB di barat laut American Canyon, California. Menurut USGS, pusat gempa terdapat di kedalaman 10,8 kilometer di bawah permukaan tanah.

Aliran listrik putus di Napa, sekitar enam mil dari pusat gempa, serta di kota-kota dan desa-desa lain di dekatnya, yang berdampak pada lebih dari 10.000 rumah tangga, kata Pacific Gas dan Electric Company.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com