Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Inggris, Perempuan Paling Doyan Nikah sama Perempuan

Kompas.com - 21/08/2014, 19:27 WIB

KOMPAS.com - Ternyata, di Inggris, perempuan paling doyan nikah sama perempuan. Dari pencatatan 1.409 pernikahan sejenis, 56 persennya adalah perempuan dengan perempuan.

Adalah AP pada Kamis (21/8/2014), yang merilis info terbaru ihwal beleid pernikahan sejenis dari catatan Lembaga Statistik Nasional. Peraturan itu resmi diberlakukan pada 29 Maret 2014 di Inggris dan Wales.  

Secara rinci, menurut lembaga itu, antara 29 Maret 2014 sampai dengan 30 Juni 2014, terjadi 1.409 pernikahan sejenis. Pernikahan sejenis antara lelaki dengan lelaki menempati porsi 44 persen.

Lembaga itu juga menyatakan total jumlah pernikahan sejenis dari Maret sampai dengan Juni terlihat menanjak. Pada Maret, terjadi 95 pernikahan sejenis. Lalu, ada 351 pernikahan sejenis pada April. Selanjutnya, pada Mei, tercatat 465 pernikahan sejenis. Terakhir, ada 498 pernikahan sejenis pada Juni.

Sementara itu, rerata usia pelaku pernikahan sesama jenis perempuan adalah 37 tahun. Yang pria, berumur 38,6 tahun.

Di seluruh Britania Raya peraturan pernikahan sejenis dilakukan bertahap. Skotlandia akan menetapkan peraturan itu pada Oktober 2014. Sebaliknya, Irlandia Utara tak hendak meresmikan peraturan pernikahan sesama jenis. Soalnya, negeri itu sudah lama menolak pernikahan sejenis.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com