Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Siap Persenjatai Pasukan Kurdi untuk Perangi ISIS

Kompas.com - 20/08/2014, 19:28 WIB
BERLIN, KOMPAS.com - Jerman memutuskan akan mengirim persenjataan ke Irak untuk mendukung pasukan Kurdi yang memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian Menlu Jerman Frank-Walter Steinmeier, Rabu (20/8/2014).

"Setelah negara-negara Eropa lainnya mengatakan segera mengirimkan senjata untuk membantu pasukan Kurdi di Irak utara, maka kami juga siap melakukan hal yang sama," kata Steinmeier dalam jumpa pers bersama Menteri Pertahanan Ursula von der Leyen.

Lebih lanjut, Steinmeier mengatakan aksi ISIS di Irak merupakan aksi barbar yang mengakibatkan penderitaan yang tak terbayangkan. Steinmeier memperingatkan gerak maju ISIS merupakan ancaman bagi Irak dan mengancam kawasan secara keseluruhan.

Kedua menteri itu menambahkan Jerman juga akan mengirimkan bantuan kemanusiaan dan peralatan militer non-letal seperti helm, teropong malam dan pelacak bahan peledak.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Ursula von der Leyen mengatakan kebrutalan yang ditunjukkan ISIS telah memicu sebuah bencana kemanusiaan sehingga ISIS harus dihentikan.

Mengirimkan peralatan militer ke daerah konflik di luar negeri merupakan hal yang tak lazim dilakukan Jerman. Dibebani fakta sejarah sebagai agresor dalam dua perang dunia, Jerman kini kerap enggan terlibat konflik militer di luar negeri dan tidak menjual senjata buatan negeri itu ke zona-zona konflik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com