Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Korsel, Pejabat Korut Puji Kim Jong Un

Kompas.com - 20/08/2014, 17:16 WIB
SEOUL, KOMPAS.com - Seorang pejabat senior Korea Utara saat mengunjungi Korea Selatan, Rabu (20/8/2014), menyampaikan pujiannya untuk proyek-proyek wisata yang diprakarsai pemimpin Korut Kim Jong Un.

"Ribuan fasilitas olahraga multifungsi dan taman olahraga sudah dibangun di seluruh Korea Utara selama dua atau tiga tahun terakhir untuk mewujudkan tujuah pembangunan olahraga yang telah ditetapkan negara," kata  Yang Song Ho, dekan Universitas Pendidikan Fisik Korea di Pyongyang.

Dia menyampaikan pujiannya itu saat berpidato di sebuah konferensi olahraga di kota pelabuhan Incheon yang akan menjadi tuan rumah Asian Games pada 19 September-4 Oktober mendatang.

Yang adalah satu dari delapan anggota delegasi Korea Utara yang tiba di kota Incheon untuk menghadiri sebuah pertemuan pra-Asian Games.

Fasilitas olahraga yang disebutkan Yang itu adalah resor ski Masik Pass dan proyek-proyek raksasa Kim Jong Un lainnya yang disebut sebagai fasilitas untuk mewujudkan peradaban di era baru.

Sejak berkuasa pada Desember 2011, Kim Jong Un telah menunjukkan kegemarannya terhadap proyek-proyek raksasa termasuk sebuah taman air raksasa, sebuah taman hiburan, klub berkuda mewah dan resor ski.

Korea Utara sudah mendaftarkan 150 orang atlet kepada Komite Olimpiade Asia untuk berkompetisi dalam 14 cabang olahraga dalam Asian Games Incheon, meski sejauh ini belum ada pernyataan resmi bahwa negeri itu akan ikut meramaikan pesta olahraga empat tahunan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com