Kompas.com - 20/08/2014, 15:57 WIB
EditorErvan Hardoko
BERLIN, KOMPAS.com — Menteri Bantuan Pembangunan Jerman Gerd Mueller, Rabu (20/8/2014), menuduh Pemerintah Qatar membiayai kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Kisah seperti ini selalu memiliki sejarah. Siapa yang membiayai pasukan mereka? Qatar," kata Mueller dalam wawancara dengan lembaga penyiaran publik ZDF.

Sebelumnya, Wakil Kanselir dan Menteri Ekonomi Jerman Sigmar Gabriel pekan ini mendesak digelar sebuah "debat" terkait pihak yang membiayai ISIS, tetapi dia tidak menyebut nama sebuah negara.

Dalam beberapa hari ke depan, Jerman diharapkan bisa mengambil keputusan apakah akan mengirimkan bantuan militer tidak mematikan atau ikut mempersenjatai pasukan Kurdi yang memerangi ISIS.

Langkah untuk memerangi ISIS merupakan isu kontroversial di Jerman, yang dibebani sejarah menjadi agresor di dua perang dunia. Fakta sejarah itu membuat Jerman kerap ragu mengirim pasukannya untuk terlibat konflik di luar negeri atau mengirimkan senjatanya ke zona perang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.