Kompas.com - 18/08/2014, 22:59 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pesawat-pesawat tempur AS dan sejumlah drone, sepanjang Senin (18/8/2014), melakukan 15 kali serangan udara terhadap sejumlah posisi pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), dalam perebutan bendungan Mosul, Irak.

Serangan udara AS ini menghancurkan setidaknya sembilan posisi ISIS dan delapan kendaraan taktis organisasi itu di sekitar bendungan Mosul. Sementara di darat pasukan Kurdi bergerak maju memerangi ISIS.

Pasukan Peshmerga Kurdi mengklaim telah mengontrol sisi timur bendungan Mosul yang dikuasai ISIS 10 hari lalu. Hal ini disampaikan komandan pasukan Peshmerga, Jenderal Tawfik Desty mengatakan pasukannya kini sudah mengendalikan penuh sisi timur bendungan Mosul namun pertempuran masih berlangsung.

Sementara seorang perwira Peshmerga lainnya mengatakan, gerak maju pasukan Kurdi terhambat bom-bom pinggir jalan yang dipasang pasukan ISIS yang bergerak mundur.

"Pasukan bergerak lambat. Penghalang kami adalah bom-bom pinggir jalan. Ini adalah taktik ISIS," kata perwira itu.

"Mereka kini berada di bagian dalam bendungan. Tak ada baku tembak hanya bom-bom pinggir jalan dan semua bangunan yang ditinggalkan dipasangi peledak," sambung perwira itu.

Meski berhasil menguasai sebagian bendungan Mosul, pasukan Peshmerga, seperti dikutip Sky News, masih membutuhkan tambahan senjata berat untuk melanjutkan pertempuran. Sejauh ini, Peshmerga masih menunggu datangnya persenjataan dari luar negeri seperti yang dijanjikan para menteri luar negeri Uni Eropa

Bendungan Mosul dikuasai ISIS 10 hari lalu. Bendungan terbesar di Irak tersebut menyediakan sebagian besar pasokan listrik untuk wilayah itu dan sangat penting untuk keperluan irigasi pertanian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.