Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepolisian Maroko Tangkap Jaringan Perekrut Sukarelawan ISIS

Kompas.com - 14/08/2014, 20:23 WIB
RABAT, KOMPAS.com - Kepolisian Maroko menahan sembilan orang tersangka perekrut sukarelawan untuk Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Maroko, Kamis (14/8/2014).

Jaringan perekrut itu beroperasi di beberapa kota pesisir Laut Tengah seperti Tetouan, Fez dan Fnideq, sebuah kota kecil di dekat wilayah kantung Spanyol, Ceuta.

Polisi mengatakan, kelompok ini tidak hanya merekrut sukarelawan namun juga mengumpulkan dana dan mengirimkan para sukarelawan itu ke Irak dan Suriah. Di sisi lain, Kementerian Dalam Negeri Spanyol, yang ikut serta dalam investigasi ini, mengatakan jaringan perekrut itu juga beroperasi di dalam wilayah Ceuta.

Maroko memang tidak banyak menderita serangan teroris namun negeri itu menjadi ladang subur para sukarelawan untuk berperang ke Suriah atau Mali. Setiap bulan aparat keamanan Maroko menemukan jaringan-jaringan baru.

Pada Mei dan Juni lalu, kepolosian Maroko juga menngkap dua sel perekrut sukarelawan yang juga berbasis di Fez dan di kawasan pesisir Laut Tengah. Sementara itu Spanyol juga menahan puluhan tersangka perekrut dalam beberapa tahun terakhir, terutama yang beroperasi di dua daerah kantungnya di Afrika Utara.

Sejumlah orang yang telah direkrut berencana menggunakan keahlian hasil pelatihan mereka di Maroko dengan melakukan sejumlah serangan bom.

Kementerian Dalam Negeri Maroko menyatakan sebanyak 1.212 warga Maroko saat ini bergabung dengan berbagai kelompok militan di Irak dan Suriah termasuk ISIS. Sedikitnya 100 orang sudah ditangkap saat mereka pulang ke Maroko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com