Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Kunjungi Korsel, Korut Tembakkan Misil

Kompas.com - 14/08/2014, 15:40 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com — Korea Utara menembakkan tiga misil jarak pendeknya ke lautan di lepas pantai wilayah timur negeri itu, Kamis (14/8/2014), bersamaan dengan lawatan Paus Fransiskus ke Korea Selatan.

"Korea Utara menembakkan tiga misil jarak pendek ke Laut Timur (Laut Jepang)," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Dalam lawatan lima harinya di Korea Selatan, Paus Fransiskus dijadwalkan memberikan pesan perdamaian untuk Pyongyang saat dia memimpin misa khusus "rekonsiliasi" Korea di Seoul pada hari terakhir lawatannya.

Para petinggi Gereja Katolik Korea Selatan telah mengirim permohonan kepada Pyongyang untuk mengizinkan sekelompok umat Katolik negeri itu mengikuti misa tersebut. Namun, permohonan itu ditolak Korea Utara sebagai bentuk protes atas latihan militer AS-Korea Selatan yang akan digelar.

Gereja Katolik, sama halnya dengan agama-agama lain, hanya diperkenankan beroperasi di Korea Utara dengan aturan yang sangat ketat dan di bawah pengawasan Asosiasi Katolik Korea yang dikontrol pemerintah.

Asosiasi ini tak memiliki hubungan hierarkis dengan Vatikan, sebagaimana Gereja-gereja Katolik sedunia dan tidak diketahui keberadaan pastor atau biarawati Katolik di Korea Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com