Kompas.com - 14/08/2014, 15:40 WIB
EditorErvan Hardoko
PYONGYANG, KOMPAS.com — Korea Utara menembakkan tiga misil jarak pendeknya ke lautan di lepas pantai wilayah timur negeri itu, Kamis (14/8/2014), bersamaan dengan lawatan Paus Fransiskus ke Korea Selatan.

"Korea Utara menembakkan tiga misil jarak pendek ke Laut Timur (Laut Jepang)," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Dalam lawatan lima harinya di Korea Selatan, Paus Fransiskus dijadwalkan memberikan pesan perdamaian untuk Pyongyang saat dia memimpin misa khusus "rekonsiliasi" Korea di Seoul pada hari terakhir lawatannya.

Para petinggi Gereja Katolik Korea Selatan telah mengirim permohonan kepada Pyongyang untuk mengizinkan sekelompok umat Katolik negeri itu mengikuti misa tersebut. Namun, permohonan itu ditolak Korea Utara sebagai bentuk protes atas latihan militer AS-Korea Selatan yang akan digelar.

Gereja Katolik, sama halnya dengan agama-agama lain, hanya diperkenankan beroperasi di Korea Utara dengan aturan yang sangat ketat dan di bawah pengawasan Asosiasi Katolik Korea yang dikontrol pemerintah.

Asosiasi ini tak memiliki hubungan hierarkis dengan Vatikan, sebagaimana Gereja-gereja Katolik sedunia dan tidak diketahui keberadaan pastor atau biarawati Katolik di Korea Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.