Kompas.com - 13/08/2014, 13:24 WIB
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Rusia bak tak kehabisan akal meski terkena sanksi pihak Barat. Dalam waktu dekat, Negeri Beruang Merah bakal menjual gandum ke Mesir. Menurut warta Reuters pada Rabu (13/8/2014), gagasan itu muncul di Sochi tatkala Presiden Vladimir Putin berjumpa dan berbicara dengan tamunya, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi. "Mesir sudah meningkatkan pasokan ke pasar kami hingga 30 persen. Ke depan, Mesir akan meningkatkan 30 persen lagi," kata Putin.

Menurut Menteri Pertanian Rusia Nikolai Fyodorov dalam kesempatan itu, Rusia membeli kentang, bawang merah, bawang putih, dan jeruk dari Mesir. Belanjaan Rusia ini bakal memasok separuh kekurangan kebutuhan Mesir lantaran sanksi ekonomi AS, Uni Eropa, Australia, Kanada, dan Norwegia. Aneksasi Crimea yang merupakan bagian dari Ukraina oleh Rusia menjadi latar belakang sanksi itu.

Data terkini menunjukkan, Mesir adalah pengimpor gandum terbesar Rusia. Dalam tahun pasar sampai dengan Juni, Mesir sudah menyerap 3,6 juta ton gandum dari Rusia. "Kami akan meningkatkan ekspor gandum ke Mesir hingga 5,5 juta ton," imbuh Putin.

Setahun silam, Rusia mengimpor makanan dari berbagai negara tersebut hingga 17,2 miliar dollar AS. Dari jumlah itu, 9,2 miliar dollar AS digunakan untuk membayar harga makanan ke negara-negara yang kini memberikan sanksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.