Kompas.com - 11/08/2014, 16:25 WIB
EditorErvan Hardoko

MELBOURNE, KOMPAS.com — Khaled Sharrouf, seorang warga Australia yang mengklaim diri sebagai pejuang Islam di Timur Tengah, kembali memicu kontroversi melalui akun Twitter-nya, dengan menampilkan seorang anak kecil tengah memegang kepala milik seorang pria yang sudah terpenggal.

Foto yang dimuat di koran lokal Australia, Senin (11/8/2014), memperlihatkan seorang anak berusia tujuh tahun, yang diduga kuat adalah putra Khaled, tengah memegang kepala korban yang disebutkan sebagai tentara Suriah.

Foto mengerikan itu berasal dari akun Twitter milik Khaled Sharrouf. Di bawah foto itu terdapat kalimat "Inilah anak saya". Putra Sharrouf tersebut selama ini tinggal dan dibesarkan di Sydney.

Kalangan komunitas Muslim Australia mengecam perbuatan tersebut. Menurut Ketua Asosiasi Muslim Lebanon Samier Dandan, pihaknya sangat terganggu dengan gambar tersebut. "Kami tidak mau terkait dengan hal ini. Itu jelas-jelas adalah perbuatan orang gila," kata Dandan.

Menteri Pertahanan Australia David Johnston menyatakan, gambar anak-anak memegang kepala terpenggal ini merupakan "penggambaran keliru tentang Islam".

"Saya kecewa karena hal-hal seperti ini turut mewarnai pandangan kita tentang kaum Muslim. Saya percaya siapa pun yang memahami kaum Muslimin, mereka sangat mencintai perdamaian," kata Menteri Johnston.

Kepolisian New South Wales bulan lalu mengeluarkan perintah penangkapan atas Sharrouf setelah ia mem-posting gambar rekannya bernama Mohamed Elomar, juga asal Sydney, yang memegang kepala terpenggal yang diduga sebagai tentara Suriah.

Perdana Menteri Tony Abbott kepada ABC mengatakan, kini semakin jelas betapa barbarnya perbuatan ISIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.