Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wikipedia Gelar Pemungutan Suara Terkait Foto "Selfie" Kera

Kompas.com - 07/08/2014, 19:00 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Sengketa foto selfie seekor kera yang melibatkan fotografer David Slater melawan situs ensiklopedia gratis Wikipedia berlanjut dan memasuki babak baru.

Awalnya, pengelola Wikipedia bersikukuh tidak akan mencabut foto itu karena menganggap hak cipta foto selfie itu adalah milik sang kera. Namun, sikap itu melunak dan Wikipedia menyatakan segera menggelar pemungutan suara untuk menentukan apakah foto selfie kera itu akan dicabut atau tidak.

Foto itu menjadi terkenal setelah perjalanan fotografer David Slater ke Indonesia pada 2011. Saat itu, seekor kera mengambil kamera milik David dan memainkannya. Tanpa sengaja, sang kera mengambil ratusan foto, termasuk foto selfie-nya, ketika sedang menyeringai lebar memamerkan deretan giginya.

Setelah kisah perjalanan plus foto selfie kera itu dimuat surat kabar, wajah kera lucu itu menyebar dengan cepat di surat kabar, berbagai situs internet, dan majalah di seluruh dunia.

Salah satu yang memuat foto itu adalah situs ensiklopedia gratis Wikipedia. Pada 2012, Slater sudah meminta Wikipedia mencabut foto itu dan situs tersebut memenuhi permintaannya.

Namun, tak lama kemudian, foto itu diunggah ulang oleh seorang pria bernama Tomasz Kozlowski yang mengatakan di bawah undang-undang AS, semua foto yang diambil oleh hewan tak memiliki hak cipta.

"Foto itu bukan hasil karya Tuan Slater karena dia tidak mengambil foto tersebut, tapi kera itu yang mengambil fotonya sendiri. Padahal, kera tidak bisa dan tidak memiliki hak cipta," kata Kozlowski kepada harian Daily Telegraph.

Kozlowski menambahkan, David Slater tidak pernah memiliki hak cipta atas foto selfie kera itu. 
"Foto itu tidak akan terkenal jika bukan kera tersebut yang mengambilnya," tambah Kozlowski.

Dia menambahkan, karena Wikipedia berbasis di Amerika Serikat, organisasi itu mengikuti undang-undang yang berlaku di AS yang menyatakan sebuah hasil karya yang berasal dari sumber non-manusia tak bisa mengklaim hak cipta.

Tak hanya itu, Kozlowski, yang adalah warga negara Polandia, akan menggugat Wikipedia yang memuat foto dirinya dalam bank datanya sehingga kasus ini memengaruhi kehidupannya.

Kembali ke soal pemungutan suara terkait foto selfie kera, Wikipedia memperkirakan pemungutan suara akan berlangsung beberapa hari dan melibatkan anggota komunitas Wikipedia.

Sejauh ini, sudah 14 orang memberikan suara dan 10 orang mengatakan foto itu harus tetap ada di internet, sementara empat orang lainnya memutuskan hal sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com