Kompas.com - 07/08/2014, 16:29 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis (7/8/2014), mengumumkan embargo impor bahan makanan dari negara-negara yang menjatuhkan sanksi terhadap Rusia terkait krisis di Ukraina.

Putin memerintahkan jajarannya untuk menyusun darftar produk-produk pertanian dan bahan mentah Barat yang akan diembargo selama satu tahun. Demikian dekrit yang dipublikasikan situs resmi Kremlin.

Langkah ini dipahami pemerintah Rusia akan mempengaruhi warga yang selama ini menggunakan produk-produk impor itu. Sehingga, dekrit pemerintah itu juga memerintahkan para pejabat untuk mengambil langkah strategis untuk menjaga stabilitas pasar dan mencegah kenaikan drastis harga pangan.

Bahan makanan memang menjadi salah satu "senjata" dalam ketegangan Rusia dan Barat. Dalam beberapa hari terakhir, otorita pengawas makanan Rusia telah melarang impor buah-buahan dan sayur mayur dari Polandia.

Sedangkan, burger keju dan milkshakes McDonald's kini tengah diselidiki sebuah cabang badan perlindungan konsumen Rusia, Rospotrebnadzor. Harian lokal Vedemosti menyebut jenis makanan yang akan mengalami embargo termasuk daging, buah-buahan dan sayuran namun tidak termasuk anggur dan makanan bayi

Embargo impor ini akan memengaruhi semua negara Uni Eropa dan AS, sebab Rusia adalah pasar terbesar kedua untuk produk-produk makanan dan minuman Eropa. Ekspor bahan makanan dan bahan mentah dari Eropa ke Rusia pada 2013 bernilai 12,2 miilar euro atau sekitar Rp 192 triliun.

Salah satu korban sanksi AS dan Uni Eropa itu adalah maskapai penerbangan murah anak perusahaan maskapai Rusia Aeroflot. Maskapai ini tak bisa beroperasi karena pembelian sejumlah pesawat jet Boeing dibatalkan terkait sanksi ekonomi ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.