Kompas.com - 07/08/2014, 12:29 WIB
EditorTri Wahono


BAGHDAD, KOMPAS.com
- Puluhan orang tewas karena serangan udara di Kota Mosul, Irak bagian utara, yang saat ini dikuasai kelompok Daulah Islamiyah bentukan ISIS (Islamic State of Iraq and Syam).

Salah satu laporan menyatakan, paling tidak 30 orang tewas setelah pesawat tidak berawak menjatuhkan bom di sebuah penjara yang dipakai Daulah Islamiyah sebagai markas.

Sementara televisi pemerintah Irak mengatakan 60 orang yang diduga anggota milisi tewas. Sedangkan televisi Al-Jazeera melaporkan sekitar 70 korban tewas.

Daulah Islamiyah menguasai Mosul sejak bulan Juni saat serangan kelompok jihadis tersebut merebut wilayah Irak utara dan barat dari pemerintah.

Kelompok ISIS juga menyerang Kota Sinjar akhir pekan lalu yang didiami kelompok minoritas keagamaan Yazidi. Kelompok Yazidi yang berjumlah sekitar 50.000 orang melarikan diri ke pegunungan dengan membawa sedikit air dan makanan.

Sebelumnya, komandan Peshmerga memperingatkan 50.000 anggota kelompok minoritas keagamaan Yazidi terjebak di pegunungan di bagian barat akan meninggal jika tidak segera diselamatkan.

Pasukan Kurdi Peshmerga sempat melancarkan perlawanan dan terjadi kontak tembak di timur Mosul pada Rabu. Komandan Peshmerga, Jabbar Yawar, mengatakan banyak orang telah tewas, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.(Willy Widianto)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.