Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nigeria Pastikan Lima Kasus Ebola Baru

Kompas.com - 06/08/2014, 21:12 WIB
ABUJA, KOMPAS.com - Pemerintah Nigeria, Rabu (6/8/2014), memastikan lima kasus ebola baru di Lagos dan korban meninggal kedua akibat virus ganas itu. Sehingga total sudah tujuh orang terjangkit ebola di negeri itu.

"Nigeria kini mencatat tujuh kasus terkonfirmasi penyakit virus ebola (EVB)," kata Menteri Kesehatan Nigeria Onyebuchi Chukwu.

Sementara mereka yang meninggal termasuk seorang pria Liberia yang membawa virus itu ke Lagos pada 20 Juli dan seorang perawat yang menangangi pria Liberia itu.

"Semua warga Nigeria yang didiagnosa mengidap EBV pernah melakukan kontak denganPatrick Sawyer, yang bekerja di Kementerian Keuangan Liberia. Pria ini tertular virus dari saudarinya," tambah Chukwu.

Patrick mengunjungi Nigeria, negara terpadat di Afrika, untuk menghadiri sebuah pertemuan tingkat tinggi negara-negara Afrika barat.

Namun, pria ini langsung jatuh sakit setibanya di Lagos dan langsung dilarikan ke RS First Consultants di kawasan elite Ikoyi.

Sayangnya, Patrick meninggal dunia dalam ruang karantina rumah sakit pada 25 Juli dan sejak saat itu rumah sakit tersebut ditutup.

"Sedangkan lima pasien ebola lainnya kini tengah ditangani di ruang isolasi di sejumlah rumah sakit di Lagos," ujar Chukwu.

Sejak wabah ebola merebak awal tahun ini, penyakit yang belum ditemukan obatnya ini sudah membunuh lebih dari 900 orang dan menjangkiti  1.603 orang di beberapa negara seperti Guinea, Liberia dan Sierra Leone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com